Friday, April 9, 2010

Tips mencegah kebakaran kendaraan (II)

tips trik untuk mencegah kebakaran kendaraan mobilSambungan dari artikel sebelumnya....

Tips dan trik berikutnya untuk mencegah kebakaran kendaraan yang semakin sering terjadi akhir-akhir ini.

2. Selang Bensin
Selang bensin berfungsi sebagai jalur aliran bahan bakar dari tangki ke mesin. Selang bawaan pabrik sudah dibuat dari bahan yang sangat kuat dan solid. Apalagi untuk mobil-mobil injeksi, selang ini menanggung tekanan bahan bakar sampai dengan 4 bar. Kerentanan usia menjadi salah satu penyebabnya. Selang menjadi rapuh atau klem di sambungan tidak rapat lagi. Hal ini menyebabkan bahan bakan merembes yang jika terkena percikan api dari koil, kabel busi atau menetes di knalpot yang bersuhu tinggi sangat mungkin memicu kebakaran hebat. Segera ganti selang bahan bakar yang sudah getas dengan yang original. Selang imitasi hanya akan bertahan beberapa saat.Berbahaya!

Banyak iklan produk-produk yang dapat meningkatkan kualitas bahan bakar hingga menambah keiritan pemakaian BBM. Produk ini sah-sah saja dipasang. Namun karena kebanyakan pemasangannya dengan memotong selang bensin, maka harus dilakukan dengan cermat. Jangan sampai klem tidak rapat atau kalau ada penambahan selang, gunakan selang berkualitas tinggi.

3. Benda asing
Maksud hati membersihkan ruang mesin, namun jika teledor dapat menyebabkan kebakaran yang justru akan merugikan. Kain lap atau tisu yang sudah digunakan untuk membersihkan rembesan oli, bensin atau sekedar debu jangan sampai tertinggal di ruang mesin. Ruang mesin berisi komponen-komponen yang bersuhu tinggi seperti blok mesin, knalpot yang dapat membakar kain lap atau tisu tadi. Pastikan benda-benda itu segera dibuang setelah digunakan.

Demikian tips otomotif kali ini, semoga bermanfaat. Lebih baik mencegah dari pada menderita kerugian yang besar.

Labels: , ,

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home